Thursday, January 24, 2013

Fungsi Memori dan Bagiannya


Fungsi MemoriMemori Komputer / RAM merupakan hardware (perangkat keras) yang sanagt penting dalam komponen komputer. Untuk selanjutnya akan Saya bahas dalam artikel ini. Random Access Memory atau yang biasa disingkat RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dalam komputer. Sebelum data diproses di Processor, terlebih dahulu disimpan di memori / RAM. Lalu kemudian disuplai ke processor untuk diolah menjadi output / hasil yang diinginkan. Itulah Fungsi Memori yang terpenting. Akan Saya berikan gambaran contoh supaya lebih mudah dimengerti.

Ketika Anda menjalankan suatu program aplikasi misalnya Microsoft Office atau Mozilla Firefox maka processor akan membuka aplikasi / software tersebut dari HDD (hardisk) lalu kemudian akan meload-nya ke memori utama / RAM. Seperti itulah kira-kira gambaran sederhana tentang fungsi memori atau RAM.

Kalau orang menyebut memori komputer, umumnya mengacu pada memori utama komputer yaitu RAM. Disaat prosessor melakukan proses pengolahan data / komputing, memori /  RAM berfungsi mendukung dan melayani ketersediaan data mentahnya. Jadi, tanpa adanya memori maka seluruh proses komputing tidak akan berjalan.

Fungsi Memori / RAM dan bagian - bagiannya yaitu :


1. Dynamic Random Access Memory (DRAM)
DRAM memiliki bentuk yang beragam. Umumnya berbentuk persegi / petak dengan warna hitam dan terletak di bagian PCB memori. DRAM berfungsi untuk menampung data dalam waktu yang singkat, dan juga akan selalu direfresh secara periodik / berkala.

2. Contact Point
Contact point merupakan bagian memori yang berfungsi sebagai penghubung ke motherboard / papan induk. Yang terdiri dari 1 atau 2 buah lekukan (NOTCH) dan beberapa titik. NOTCH bertujuan untuk mencegah kesalahan pasang memori pada motherboard.

3. Printed Circuit Board (PCB)
PCB merupakan sebuah board/papan berfungsi sebagai tempat komponen-komponen yang terdapat jalur koneksi antara satu komponen dengan yang lainnya. PCB dibuat dari fiber / pertinak yang dilapisi perak atau tembaga. PCB biasanya memiliki warna hijau dan terdiri dari beberapa layer / lapis tembaga.

Berikut ini Saya tambahkan video Cara Memasang Memori / RAM.



Ketika processor / CPU akan menjalankan suatu aplikasi / software dari komputer (dalam hal ini yang dimaksudkan adalah dari harddisk) contohnya seperti aplikasi Microsoft Word, Excel ataupun permainan maka ia akan meloading-nya ke memori utama / RAM. Hal inilah yang membuat aplikasi berjalan lebih cepat dari pada harus meng-access langsung ke hardisk yang lebih lambat kecepatannya.

Itu dikarenakan harddisk tugasnya sebagai penyimpanan data / storage. Kecepatan komputer dalam menyelesaikan prosesnya semua dikarenakan komputer mengakses datanya dari memori / RAM, bukan dari harddisk.

3 comments:

mantaps gan thanks atas kontribusinya,oya teman2 diatas telah dijelaskan secara teknis, bagi pemula apakah benar-benar sudah bisa mencerna informasi diatas? bagi yang belum ane bantu gan, silakan mampir dimari

http://gatewawan.blogspot.com/2014/07/mengenal-memory-pc-personal-komputer.html

disitu sudah dilengkapi dengan sebuah gambaran umum, sehingga yang masih newbe bisa lebih paham secara konsep maka ane yakin setelah itu agan agan mudah mencerna materi diatas,

salam cendekia,

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More