Wednesday, January 23, 2013

Mengenal Fungsi Processor Komputer


Fungsi Processor - Dalam tulisan Saya yang pertama ini, Saya akan menjelaskan fungsi processor komputer. Umumnya orang tahu bahwa Processor adalah inti dari sebuah komputer atau biasanya orang sebut CPU (Central Processing Unit). Ada juga sebagian orang menyebutnya Micro Processor dikarenakan bentuknya yang kecil.
Pada saat ini telah tersedia banyak macam CPU / Processor dipasaran. Kita mengenal Processor Intel Core 2Duo, Intel Core i3, Intel Core i5, dan yang terbaru dari keluarga Intel yaitu Intel Core i7. Untuk processor merk AMD juga tersedia banyak dipasaran. Harganya pun berbeda-beda tergantung kualitas, spesifikasi dan kecepatan processor itu sendiri. Namun, fungsi dan tugasnya tetap sama. Diibarat sebagai masinis kereta api atau sebagai otak / brain dalam sebuah PC.

Fungsi Processor dan Bagiannya terdiri dari tiga bagian utama yaitu :


1. Control Unit (CU)
Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan dan diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama dieksekusi di bagian CU ini. Untuk kemudian dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya atau harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.

2. Arithmatic and Logical Unit (ALU)
Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila program / software yang sedang kita gunakan mengalami masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini merupakan bagian LOGIKA (pengambil keputusan).

3. Registry (Register)
Register merupakan tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses tinggi.
Tambahan : ada perbedaan letak kaki socket prosessor pada seri prosessor soket 478 (pentium 4) dan pada prosessor soket LGA 775. Prosessor soket LGA 775 terdapat pada dudukan di mainboardnya.


Fungsi Processor sangat dominan dan utama, sebab tanpa Processor maka komputer sama saja seperti manusia yang kehilangan otaknya. Sebab pada processor itulah semua pengendalian dan pemrosesan terjadi. Bedanya processor dengan otak yaitu processor hanya berfungsi sebagai pemroses data saja, kemudian data tersebut dikirimkan ke memori utama kembali. Processor tidak bisa menyimpan data seperti halnya otak manusia.




Cara Kerja Fungsi Processor dalam Komputer


Ketika processor bekerja maka tidak bisa terlepas dari komponen/peralatan pendukung lainnya seperti Harddisk dan Memory (RAM). Ketiga bagian tersebut akan terus saling terhubung satu sama lain dalam memproses suatu data. Fungsi Processor diibaratkan seperti otaknya komputer, yang akan memerima data kemudian memprosesnya lalu outputnya dikirim kembali ke memory atau pun harddisk.

Sebenarnya bahasa / kalimat yang dikenali oleh processor hanya angka 0 dan 1. Dua angka itu saja. Disebut juga bahasa mesin / bilangan biner (01011001). Angka 0 diartikan dengan tidak adanya sinyal listrik, dan angka 1 diartikan dengan adanya sinyal listrik.

Pada tahun awal fungsi processor hanya untuk mengolah aritmatika saja, persis sama seperti kalkulator zaman sekarang. Namun di era modern sekarang ini fungsi processor sudah sangat maju. Seperti untuk mengolah data multimedia (audio, video, gambar) dan citra.

2 comments:

Misi gan, izin share ya...
Kami menjual VGA CARD

Radeon 7730 - 2GB / 128-bit / DDR5 Sapphire
Price Rp 797.000

Deskripsi :

The SAPPHIRE HD 7700 series is an extensive family of graphics cards targeting the enthusiast on a budget and mainstream users looking for increased graphics performance. It is based on the latest generation of GPU's from AMD built in its 28nm process and featuring the highly acclaimed GCN graphics processing architecture. The new HD 7730 1GB and 2GB GPUs have an optimised internal structure sharing many of the features of the higher performance models in the HD 7000 series but with fewer Stream Processors.

Kunjungi web kami untuk produk lainnya

Pusat Belanja Komputer

Terimakasih :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More