Saturday, February 2, 2013

Tips Merawat Laptop Supaya Tahan Lama

Tips Merawat Laptop – Dewasa ini laptop benda yang sangat berguna bagi umumnya orang. Termasuk Saya juga tidak bisa terlepas dari laptop kesayangan dalam bekerja dan beraktifitas. Tentunya kita semua sangat tidak ingin jika laptop kesayangan tiba-tiba rusak akibat kurangnya perhatian kita. So… Merawat laptop itu suatu keharusan bagi pemiliknya.

Manusia perlu perawatan, begitu juga dengan laptop / notebook. Cara merawat laptop supaya tahan lama tidak begitu susah, namun tidak boleh diremehkan. Karena perawatan ini termasuk sebuah keharusan agar laptop tahan lama atau berumur panjang.

Tips - tips dalam merawat laptop supaya tahan lama

1. Letakkan Laptop di Tempat Sejuk.


Ketika sedang digunakan letakkanlah laptop di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung / sejuk. Sebab laptop lebih sensitif dan lebih rentan rusak dibandingkan komputer meja (PC). Ketika disimpan juga perlu diperhatikan, jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

2. Waspadai Software Download


Sudah banyak kejadian laptop / komputer yang rusak akibat menginstall / menjalankan software yang didapat dari internet. Bahkan ada yang sampai kebobolan kartu kreditnya dikarenakan software yang diinstal tersebut mengandung virus pencuri data pribadi. Jadi apabila kita tetap ingin memakai software tersebut lebih baiknya di scan terlebih dahulu dengan antivirus yang ampuh.

3. Letakkan Laptop di Tempat Aman.


Letakkanlah laptop ditempat aman dan stabil agar tidak mudah jatuh ketika disimpan. Dan jangan letakkan laptop dilantai karena beresiko besar terinjak.

4. Jangan Letakkan Laptop ditempat yang Terlalu Empuk.


Sudah kita ketahui bersama bahwa ketika laptop sedang bekerja maka bagian yang paling panas adalah processornya. Sebenarnya laptop sudah dilengkapi dengan pendingin processor yaitu fan / kipas processor. Apabila laptop diletakkan di tempat yang empuk (mis : kasur) maka sirkulasi udara yang keluar dari dalam laptop akan terhambat. Yang dapat mengakibatkan bagian dalam laptop semakin panas. Dan ini bisa berakibat fatal bagi usia laptop.

5. Jauhkan Laptop dari Benda Cair.


Laptop sangat sensitif terhadap segala macam cairan yang masuk kedalamnya. Maka berhati-hatilah ketika anda meletakkan benda cair di sekitar laptop.

6. Jangan menggunakan Sarung Penutup ketika laptop hidup.


Hal ini juga harus dihindari karena juga dapat menghambat pertukaran udara dari dalam laptop (sirkulasi udara). Yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam laptop.

7. Bawa Laptop kepada yang Ahli Ketika Bermasalah.


Setiap laptop memiliki garansi yang diberikan oleh pabrik / toko. Ketika kita membongkar laptop sendiri maka akan merusak garansi tersebut, sehingga garansinya tidak berlaku lagi. Maka sebaiknya bawa laptop kepada teknisi / ahli ketika bermasalah.

8. Pilihlah Tas yang Aman.


Banyak sekali pilihan tas laptop yang tersedia di pasar. Yang terpenting dalam memilih tas laptop yaitu laptop harus terlingdung dari guncangan dan terdapat gabus yang cukup didalam tas tersebut.

9. Jauhkan laptop dari Daya Magnet


Hardisk Laptop sentitif sekali pada alat / benda yang memiliki daya magnetik. Jadi, disaat Anda sedang memakai Laptop jauhkanlah dari alat / benda yang memiliki daya magnetik agar tidak menimbulkan kerusakan pada Laptop, terutama harddisk laptop.

10. Hindari Menaruh Benda-Benda diatas Laptop


Benda yang diletakkan diatas laptop dapat menggores atau bahkan memecahkan layar laptop, terlebih lagi jika benda tersebut cukup berat.

11. Bawalah Laptop dengan Hati-Hati


Bawalah laptop dengan hati-hati, walaupun anda sudah memakai tas laptop yang aman. Jangan menaruh terlalu banyak tumpukan barang dalam tas laptop dan hindari laptop dari guncangan keras.

12. Rutinlah Membersihkan Laptop.


Tidak sulit untuk membersihkan laptop. Alatnya pun sedikit dan tidak mahal. Dan juga banyak tersedia dipasaran, yaitu kuas halus, kain yang lembut dan pembersih. Bisa dibeli di toko - toko disekitar lingkungan Anda. Keyboard dan layar laptop merupakan bagian utama yang harus dibersihkan. Lebih baik lagi jika Anda bisa membersihkan debu dari bagian dalam laptop (tapi untuk yang satu ini Anda harus mengetahui caranya atau bawa ke tempat service laptop).

Berikut ini Saya tambahkan video cara membersihkan laptop dengan benar.



Itulah yang dapat Saya jelaskan pada artikel Cara Merawat Laptop Supaya Tahan Lama ini. Sebelum Saya akhiri artikel ini, "Jangan Lupa Untuk Membersihkan dan Merawat Laptop Anda " karena itu merupakan suatu keharusan Agar Laptop Tahan Lama.
Semoga artikel Saya ini dapat bermanfaat bagi Anda.

2 comments:

Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali kesini lagi

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More